VISI KELEMBAGAAN
UNIVERSITAS:
Terwujudnya ULM sebagai Universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah
FAKULTAS:
Menjadi FKIP terkemuka dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran berlandaskan kearifan lokal lingkungan lahan basah tahun 2025
VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI
Menjadi program studi yang terkemuka dalam mengembangkan keilmuan pendidikan khusus melalui pendekatan kolaboratif dan partisipatif berlandaskan pada kearifan lokal lingkungan lahan basah.
TUJUAN PROGRAM STUDI
(1) | Menghasilkan tenaga pendidik dan non pendidik dalam bidang pendidikan khusus yang berkarakter, mandiri, kolaboratif, menguasai IPTEK, seni dan keterampilan. |
(2) | Menghasilkan penelitian di bidang Pendidikan Khusus untuk mensukseskan pembangunan Pendidikan Khusus Regional Kalimantan dan Nasional. |
(3) | Terlaksananya pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Khusus yang menjunjung tinggi nilai – nilai dan budaya di lingkungan lahan basah. |
(4) | Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak terkait dengan Pendidikan Khusus ditingkat regional, nasional maupun internasional. |
SASARAN PROGRAM STUDI
Tujuan 1
Menghasilkan tenaga pendidik dan non pendidik dalam bidang pendidikan khusus yang berkarakter, mandiri, kolaboratif, menguasai IPTEK, seni dan keterampilan.
(1) | Pengusulan pengadaan tenaga dosen sesuai kualifikasi yang diperlukan dalam keilmuan program studi. |
(2) | Peningkatan kualifikasi tenaga dosen berstrata S3 sesuai dengan bidang keilmuan pendidikan khusus. |
(3) | Pembagian kajian keilmuan pendidikan khusus bagi seluruh tenaga dosen. |
(4) | Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa untuk menunjang IPTEK, Seni, dan Keterampilan dalam menghadapi industri 4.0. |
(5) | Peningkatan kualifikasi keilmuan pendidikan khusus melalui keikutsertaan dalam pertemuan-pertemuan ilmiah bagi tenaga dosen. |
(6) | Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas bagi mahasiswa dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. |
(7) | Pengadaan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan pendidikan karakter bagi mahasiswa. |
(8) | Pengadaan pelatihan atau kegiatan ekstrakurikuler untuk mahasiswa dalam rangka pengembangan kompetensi berupa penguasaan keterampilan vokasional dan layanan kompensatoris bagi ABK. |
Tujuan 2
Menghasilkan penelitian di bidang Pendidikan Khusus untuk mensukseskan pembangunan Pendidikan Khusus Regional Kalimantan dan Nasional.
(1) | Pembuatan roadmap penelitian sebagai wadah kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa (penelitian payung). |
Tujuan 3
Terlaksananya pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Khusus yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan budaya di lingkungan lahan basah.
(1) | Melaksanakan program pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dalam berbagai bidang kebutuhan pendidikan bagi ABK. |
(2) | Pengadaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi mahasiswa untuk menunjang pengetahuan awal ABK di lapangan. |
Tujuan 4
Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak terkait dengan Pendidikan Khusus ditingkat regional, nasional maupun internasional.
(1) | Membuat Tim penjamin mutu di tingkat prodi dengan nama Gugus Penjamin Mutu (GPM) Prodi PKh. |
(2) | Mengimplementasikan MBKM dengan berbagai skema untuk memperkaya perkembangan keilmuan pendidikan khusus bagi mahasiswa. |
(3) | Mengimplementasikan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka mewujudkan peningkatan keilmuan, kompetensi, dan keterampilan mahasiswa dalam program khusus (bahasa isyarat bagi tunarungu, Orientasi Mobilitas (OM) bagi tunanetra, ABA bagi autis, dan sebagainya. |
Gutentor Simple Text
Gutentor Simple Text